iklan

”"

Jumat, 25 Mei 2012

Majalah Dinding

Majalah Dinding Siswa SD 

Majalah dinding adalah sarana kreativitas untuk mencurahkan perasaan, keterampilan, bakat, dan minat siswa-siswi dalam mnegapresiasikan sebuah karya tulis. Dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Bertaraf Internasional Kota Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012, membuat karya tulis berupa majalah  dinding (Mading). Siswa-siswi diharapkan dapat meningkatkan kegemaran membaca, menulis, menggambar, dan mengisi waktu luang.
      Pembuatan Mading oleh siswa-siswi SD Negeri Bertaraf Internasional Kota Semarang mengangkat tema "Kartini". Tema ini diangkat karena perjuangan R.A. Kartini dalam peran serta menyetarakan kaum wanita dalam pendidikan, yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Emansipasi Wanita.
      Karya tulis yang disuguhkan siswa dalam penyajian Mading tersebut sangat bervariasi, karena kegiatan ini dikerjakan oleh kelompok di dalam kelas mereka masing-masing. Bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah diperoleh. Penataan ruangan yang artistik menambah daya tarik bagi pembaca yang menikmatinya. Sebuah kreativitas yang terus dan seharusnya dikembangkan oleh sekolah-sekolah lain agar menumbuhkan kecintaan siswa terhadap budaya membaca.

Di baaawah ini adalah salah satu kegiatan siswa dalam kelompok untuk mengerjakan pembuatan mading.




                                             Aktivitas siswa dalam proses pembuatan Mading

Setelah siswa-siswi berkreasi dan bekerjasama membuat mading, yang bahan-bahannya sudah mereka siapkan dari rumah. dan bagaimanakah hasil dari pembuatan mading tersebut, berikut beberapa Mading karya siswa-siswi SDN Bertaraf Internasional Semarang:







Majalah dinding bisa menjadikan sarana kreativitas siswa-siswi sekolah dasar. Dengan adanya mading disekolah-sekolah diharapkan akan menumbuhkan kecintaan siswa terhadap kegemaran membaca dan menulis.  http://virginio45.blogspot.com/kreativitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar